oleh

3 Alasan Mengapa Spa Dapat Memberikan Self-Healing

citizen.co.id Lifestyle – Pandemi seolah mengambil begitu banyak waktu istirahat dan relaksasi kita. Ya, sejak work from home (WFH) diberlakukan, tak ada lagi pembatas antara work time dan me time. Akibatnya, waktu kerja dan istirahat jadi semakin berantakan.


Padahal, istirahat dan me time penting untuk menjaga diri tetap tenang dan sehat. Bahkan sejak lama, nenek moyang kita begitu menghargai waktu me time. Sejarah menemukan bahwa waktu istirahat dan relaksasi tubuh begitu dijunjung tinggi, terutama di wilayah Asia.

Pesona Mewah Shandy Purnamasari, Sultan Malang yang Hits

Gaya Hana Saraswati ke lokasi syuting ‘Buku Harian Seorang Istri’

Dari sana, mulai muncul berbagai metode dan ritual sebagai alat relaksasi, salah satu yang paling terkenal dan terbukti ampuh untuk merawat kesehatan adalah spa. Spa diambil dari bahasa Yunani sanus per aquam yang berarti “perawatan dan penyembuhan (terapi) melalui air”.


Meskipun istilah spa pertama kali disebarkan di wilayah Eropa, ritual yang diimplementasikan dalam spa justru banyak diadopsi dari benua Asia; khususnya Tiongkok dan India. Negara-negara tersebut percaya bahwa spa memberikan ketenangan dan efek penyembuhan luka batin, atau yang lebih akrab dengan istilah self-healing.

Ilustrasi treatment saat spa. Foto: Shutterstock.

Rangkaian spa terbukti melancarkan aliran darah dalam tubuh, merangsang hormon untuk mengeliminasi stres, dan efektif untuk menjadi salah satu alat self-healing.

Hal ini sama seperti yang disampaikan oleh Penulis dan Konsultan Kesehatan dan Kebugaran Tubuh, Sophie Benge. Menurutnya, pemulihan diri dari penatnya kesibukan dan luka batin bisa kamu dapatkan dalam spa. Ini alasannya!

1. Kita meluangkan waktu spesial untuk diri kita sendiri

Yuk, atur jadwal dan sempatkan diri untuk menikmati spa! Foto: Shutterstock.

Di tengah kesibukan pekerjaan yang terus bertambah setiap harinya, jangan lupa untuk meluangkan waktu spesial bagi diri sendiri untuk menikmati me time yang berkualitas.


Dengan menyempatkan diri untuk mendapatkan treatment spa, kita tak hanya sedang merawat tubuh secara fisik, tetapi juga secara mental dan psikologis. Waktu yang biasanya kita fokuskan ke dalam pekerjaan, sekarang dialihkan sepenuhnya untuk diri sendiri.

Walaupun hanya berlangsung beberapa jam, efek spa yang berfungsi sebagai medium pembuang racun tubuh (detoxifying) dapat berlangsung secara jangka panjang. Setelahnya, kita pasti akan lebih bersemangat menjalani hari.

2. Kita bersedia membuka diri untuk menerima relaksasi

Kita membuka diri untuk menerima kenyamanan. Foto: Shutterstock.

Banyak orang yang kesulitan untuk membuka diri kepada kesempatan atau kemungkinan baru. Tahukah kamu, bahwa hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental yang “lelah”? Jika dibiarkan terus-menerus, kamu akan terbiasa untuk menutup diri dan dapat berujung burn out.

Sophie menemukan perubahan signifikan dari karakter dan pembawaan setiap peserta spa setiap kali berkunjung. Salah satu peserta spa yang baru pertama kali hadir berkata bahwa dirinya tidak merasa layak untuk dimanjakan dengan treatment spa. Namun setelah melakukan sesi penuh spa bersama terapis, ia merasa lega dan berjanji akan datang kembali.


Hal inilah juga yang menjadi salah satu perubahan yang bisa diberikan oleh spa. Efek rejuvenasi (rejuvenating) dalam spa dapat mengingatkan kembali self-worth (nilai diri) dan membiarkan diri kita untuk menerima hal-hal yang baik.

3. Menghidupkan kembali semangat dan kesadaran diri

Mindfulness merupakan kunci untuk membuka pikiran. Foto: Shutterstock.

Menjalani kegiatan di masa pandemi yang serba tak pasti ini tentu menjadi tantangan bagi ketenangan pikiran dan batin kita. Pasalnya, dalam menentukan keputusan, kita harus memiliki keyakinan (mindfulness).

Jika terus ditekan dalam keadaan seperti itu, keyakinan terhadap diri sendiri juga dapat semakin lemah. Alih-alih menjadi pribadi yang kuat, kita dapat kehilangan semangat. Yup! Kita tak boleh sampai salah mengartikan mana dorongan yang suportif dan mana yang toxic.


Untuk mengembalikan semangat dan keyakinan, kondisi harus prima. Di sinilah fungsi spa. Ia dapat meringankan migrain dan asma, menurunkan tekanan darah dan hipertensi, mengurangi insomnia, dan mengangkat stres. Sehingga, pikiran dan tubuh menjadi lebih bahagia.

Bagaimana, semakin penasaran dan ingin buru-buru merasakan nikmatnya spa? Jangan khawatir! Selama pandemi, kamu dapat melakukan sebagian treatment-nya dulu di rumah. Mulai dari berendam di air hangat, menyalakan lilin aromaterapi sebelum tidur, atau menggunakan masker.

Rekomendasi Spa Terbaik di Thailand

Thailand menjadi destinasi spa yang favorit di Asia. Yuk, coba! Foto: Shutterstock.

Berkat generasi ke generasi yang menyambung ilmu, treatment spa ada di mana-mana, tak terkecuali Thailand. Thailand bahkan memiliki pamor sebagai health and wellness destination sejak puluhan tahun silam.


Dengan pelayanan treatment spa dan perawatan tubuh yang lengkap, ribuan pengunjung rela jauh-jauh melancong ke Thailand untuk mendapatkan pemeliharaan kecantikan, kesehatan, dan relaksasi dari negeri Golden Cassia ini.

Bila suatu hari kamu berlibur ke Thailand, berikut beberapa daftar lokasi treatment spa terbaik di sana. Yuk, catat!

  • THANN Sanctuary Spa, Phra Nakhon Si Ayutthaya

Spa di THANN akan terasa sangat spesial karena kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan taman bunga seluas 10 hektar di distrik Ayutthaya, lokasi yang telah dinobatkan UNESCO sebagai World Heritage Site.

  • Coqoon Spa, The Slate Phuket

Selain treatment spa yang memukau karena menggunakan minyak esensial khusus, kamu juga dapat menikmati suasana alam lepas di Phuket.

  • Kashikiri Onsen and Spa, Bangkok

Dengan konsep Jepang, lokasi spa satu ini dekat dengan wilayah perkotaan. Keistimewaan Kashikiri Onsen and Spa ada pada penggunaan air mineral asli dan soda onsen treatment yang terbukti dapat melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan meremajakan kulit.

  • Divana Scentuara Spa, Bangkok

Dengan program spa “The Exquisite Romance of Siamese Rose”, Divana Scentuara Spa menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga mawar, madu, kolagen, garam, Tanaka, dan garam Himalaya merah muda.

  • Urban Oasis Spa Thonglor, Bangkok

Selama 17 tahun melayani banyak pengunjung dari seluruh dunia, Oasis Spa membuka cabangnya yang ke-15 di Bangkok. Bagi kamu yang ingin memanfaatkan waktu untuk sightseeing dan pergi ke pusat perbelanjaan, Oasis Spa dapat jadi pilihannya!

  • Sense Garden Massage & Spa, Chiang Mai

Sense Garden memiliki banyak program spa menarik yang dapat disesuaikan dengan tipe tubuh dan kulitmu. Tiap program akan membawamu ke atmosfer relaksasi yang berbeda-beda.


Semakin tak sabar? Sampai nantinya gerbang wisata dibuka, mari rencanakan perjalanan indah yang penuh self-healing di Thailand.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed