oleh

5 Cara Alami Atasi Gusi Bengkak dan Nyeri, Dijamin Ampuh

-HEALTHY-1 views

citizen.co.id Healthy – Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan mulut yang cukup sering dialami. Tentunya, kondisi ini sangat enggak nyaman. Apalagi jika gusi bengkak tersebut disertai dengan rasa nyeri.

Namun, enggak usah khawatir. Kamu bisa mengatasinya di rumah dengan menggunakan bahan alami. Mau tahu bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak? Yuk simak ulasannya berikut ini!


Berkumur dengan Air Garam
Selain efektif membersihkan karang atau plak pada gigi, garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak.

Garuda Umumkan Penundaan Pembayaran Kupon Global Sukuk

MNC Lido City Resmi Sandang Status KEK

Selain efektif membersihkan karang atau plak pada gigi, garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak. Hal ini disebabkan kandungan sodium pada garam mampu menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut.


Caranya menggunakannya cukup campurkan air dengan garam. Setelah itu, berkumurlah dengan larutan tersebut setelah kamu selesai menyikat gigi.

Berkumur dengan Air Lemon

Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Sehingga, air lemon bisa kamu gunakan untuk meredakan gusi yang bengkak. Caranya juga cukup mudah. Peras satu buah lemon lalu campurkan dengan segelas air hangat.

Setelah itu, berkumurlah dengan campuran lemon dan air hangat tersebut. Lakukan pengobatan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.


Menempelkan Bawang

Selain sebagai bumbu dapur, bawang juga bisa kamu jadikan bahan alami untuk mengatasi gusi bengkak.

Selain sebagai bumbu dapur, bawang juga bisa kamu jadikan bahan alami untuk mengatasi gusi bengkak. Bawang yang dapat kamu gunakan adalah bawang merah maupun bawang putih. Sebab, bawang merah dan bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman.

Cara menggunakannya, tumbuk 1 siung bawang merah atau bawang putih. Kemudian, campurkan dengan satu sendok teh garam. Setelah itu, tempelkan pada bagian gusi yang bengkak.


Air Rebusan Daun Jambu Biji
Rebusan daun jambu biji juga efektif untuk membasmi bakteri dan menjaga kesehatan mulut. Jadi, kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun jambu biji ini jika sedang mengalami gusi bengkak. Caranya, rebus beberapa lembar daun jambu biji. Kemudian, gunakan air tersebut untuk berkumur. Mudah sekali kan?


Kompres dengan Es atau Air Hangat

Mengompres gusi juga bisa membantu mengempeskan gusi yang bengkak. Kamu bisa menggunakan es batu jika gusi bengkak namun tidak disertai dengan berdenyut.

Mengompres gusi juga bisa membantu mengempeskan gusi yang bengkak. Kamu bisa menggunakan es batu jika gusi bengkak namun tidak disertai dengan berdenyut. Sementara gusi bengkak yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.(cz/bel)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed