oleh

Anti Ribet Gunakan 10 Cara Ini Masak Daging Jadi Empuk

-HEALTHY-6 views

citizen.co.id Healthy – Salah satu tantangan dalam memasak daging adalah membuat daging empuk. Saat mengolah daging dengan cara yang salah, tekstur daging bisa jadi alot.

Daging yang alot bisa mempengaruhi cita rasa. Tentu Anda tak ingin kecewa dengan kenikmatan daging yang rusak karena tekstur yang tidak empuk.


Mengolah daging itu susah susah gampang, sebab membuat daging menjadi empuk membutuhkan waktu yang lama, setidaknya 2-3 jam. Dibutuhkan teknik mengolah yang tepat agar daging cepat empuk sehingga tidak perlu lagi membutuhkan waktu yang lama untuk memasak.

Namun tak perlu khawatir, ada banyak cara membuat daging empuk. Caranya mudah dan dijamin daging yang Anda masak empuk dan tidak alot.

Garuda Indonesia Sediakan Vaksinasi Gratis di Bandara Soekarno Hatta

OJK Blokir 3193 Pinjaman Online dan Investasi Ilegal

Awal.id telah merangkum 10 cara membuat daging empuk dari berbagai sumber khusus untukmu. Tentunya cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Yuk kita simak.


Potong secara berlawanan dengan serat
Sebelum mengolah daging, Anda bisa memotongnya ke arah yang berlawanan dengan serat. Apabila seratnya mengarah ke kiri, maka potonglah daging ke arah kanan.

Rendam dengan air dan soda kue
Setelah daging dipotong, siapkan semangkuk air dan campurkan dengan 1 sendok soda kue. Aduk hingga rata kemudian rendam daging.

Durasi merendam daging tergantung dari ketebalannya. Untuk daging yang tipis, rendam daging selama 15 hingga 2 jam. Sedangkan untuk daging tebal, rendam selama 3 jam atau semalaman.


Gunakan daun pepaya
Caranya, remas-remas daun pepaya muda sampai getahnya benar-benar keluar. Gunakan daun pepaya tersebut untuk membungkus daging lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cara ini cocok untuk daging yang akan diolah menjadi sate dan steak. Selain daun papaya yang muda, buah pepaya juga di percaya mengempukkan daging caranya rebus buah pepaya bersama dengan daging.

Enzim papain yang terkandung di dalam daun pepaya mampu memecah protein yang ada di dalam daging.

Pukul-pukul daging
Setelah daging dipotong, pukul-pukul daging agar teksturnya lebih empuk saat dimasak nantinya. Anda bisa memanfaatkan ulekan atau alat pemukul daging.

Pukul daging di kedua sisi secara perlahan afae serat tidak terlalu hancur. Jangan terlalu lama saat memukul daging ya. Hal itu dapat menyebabkan sari daging keluar terlalu banyak hingga membuat teksturnya cenderung kering.


Lumuri dengan Jahe
Setiap ruas jahe mengandung enzim proteolitik alami yang dapat berperan mengurangi ikatan protein agar empuk. Caranya adalah lumuri daging dengan jahe yang telah diparut. Diamkan selama 30 menit sebelum daging diolah untuk dimasak.

Rendam dengan teh
Teh yang berwarna pekat bisa sebagai bahan perendam daging. Caranya, rendam daging dengan teh selama 30 menit. Lebih lama perendaman daging akan semakin empuk.

Kandungan tanin dalam teh mampu berperan sebagai pengempuk alami.

Buah nanas
Nanas merupakan buah yang banyak disukai karena memiliki rasa yang enak dan manis. Nanas mengandung enzim bromelin yang cara kerjanya pada daging sama dengan enzim papain. Enzim ini bisa membuat daging menjadi lebih empuk saat diolah. Cara mengolahnya yaitu masukan potongan nanas lalu rebus bersama daging. Bisa juga parut nanas terlebih dahulu kemudian balurkan ke seluruh bagian daging dan diamkan selama 45 menit. Setelah itu, cuci daging sebelum diolah. Cara ini sangat cocok untuk daging yang akan diolah dengan cara ditumis atau disayur.


Kiwi
Buah kiwi mampu membuat daging menjadi empuk sehingga mudah diolah dan tidak alot. Buah kiwi mengandung enzim actinidin yang berfungsi menghancurkan protein, sehingga akan mudah mengempukkan daging. Cara mengolah daging agar cepat empuk dengan buah kiwi cukup mudah. Remas-remas atau parut buah kiwi dan oleskan ke seluruh permukaan daging. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan bersih dan daging siap untuk diolah.

Kulit pisang
Kulit pisang ini mampu membantu mengurangi protein di dalam daging sehingga daging akan lebih cepat empuk. Selain itu, kulit pisang juga mampu membuat daging yang diolah tidak mudah kering.


Daun nangka
Daun nangka dapat membuat daging lebih empuk. Saat merebus daging tambahkan 3 sampai 7 lembar daun nangka ke dalam rebusan. Rebus daging dan daun nangka secara bersamaan hingga daging menjadi empuk.

Itulah 10 cara membuat daging empuk yang bisa Anda coba. Tentu cara itu cukup mudah dilakukan dan membuat masakan daging terasa lebih nikmat. (cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed