Bikin SIM Lewat Smartphone, Bisa Lho

citizen News – Kini, dengan berbekal telepon cerdas (smartphone), masyarakat sudah bisa membikin dan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) A maupun C.

Kepastian pelayanan kemudahan tersebut setelah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi membuka layanan pembuatan SIM A maupun C hanya lewat smartphone. Dan berlaku mulai hari ini, Senin (12/4/2021).


Caranya, unduh aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) di handphone. Jadi, pemohon tidak perlu lagi repot datang ke tempat lokasi pembuatan SIM, dan juga mengantre untuk proses pembuatan SIM.

Bank Mandiri terbitkan e-money edisi nasionalisme

BMW resmi luncurkan The New 5 di Indonesia

Terkait segala proses pengujian, seperti ujian teori untuk mendapatkan SIM, juga dilakukan secara online dan transparan. Semua layanan tersedia di aplikasi Sinar tersebut.


Tidak hanya pengujian teori, terdapat uji psikologis yang menggunakan aplikasi E-Ppsi, serta pelayanan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Di aplikasi Sinar, pemohon diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon seluler, dan muncul fitur registrasi untuk mencantumkan NIK sesuai KTP atau nomor SIM sebelumnya.

Nantinya, pemohon cukup mengikuti instruksi hingga pembayaran dan memilih mekanisme pengambilan SIM baru.


Setelah menyelesaikan registrasi dan pembayaran, SIM akan dikirimkan dan bisa langsung diterima pemohon.

Namun, kemudahan ini tidak berlaku bagi pemohon SIM baru. Mereka yang mengajukan pembuatan SIM baru harus tetap datang ke Satpas, untuk melakukan praktik secara langsung di tempat pembuatan SIM(cz/bel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*