oleh

Diskominfo Jatim Gelar Forum Komunikasi Pegiat TIK

-NEWS-5 views

Citizen.co.id Surabaya – Guna meningkatkan literasi digital dimasyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jatim menggelar Forum Komunikasi Pegiat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Batu, Jum’at-Sabtu (28-29/5/2021).

Dalam sambutanya yang dibacakan Kepala Bidang Aptika Diskominfo Jatim, Dewi Nirmala, Kepala Diskominfo Jatim, Benny Sampirwanto mengatakan, selama ini Pemorov Jatim telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan tik melalui berbagai kegiatan pelatihan workshop dan sosialisasi bagi masyarakat.

Akan tetapi Jawa Timur dengan luas wilayah 47.799.75 KM2 dan jumlah penduduk sebanyak 39,5 juta jiwa lebih menjadikan tugas pemberdayaan masyarakat di bidang TIK tidak bisa dilaksanakan pemerintah provinsi sendiri.

Pilih Pucuk Pimpinan, DPP PERADAH Indonesia Gelar Lokasabha XI

Kecantikan: Memahami tren skincare ber-DNA Salmon

“Sinergi dan kolaborasi, pemerintah daerah, pusat dan para pegiat TIK di seluruh Jawa Timur adalah kunci agar tugas besar kita meningkatkan literasi digital masyarakat dapat tercapai,” tutur Benny.

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan menggunakan berbagai informasi serta memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi masyarakat dituntut untuk cepat beradaptasi menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan mampu secara ekonomi dan berpendidikan tinggi tentu saja hal tersebut tidaklah sulit, namun bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, berpendidikan rendah dan kurang mampu cara ekonomi hal tersebut sulit dilakukan.

“Kami yakin bahwa para pegiat TIK adalah relawan sejati yang tanpa pamrih berjuang melakukan pendampingan kepada masyarakat dalam pemanfaatan TIK,” ungkapnya.

Melalui kegiatan forum komunikasi ini Benny berharap, sinergitas dan kolaborasi yang telah dibangun selama ini dapat semakin meningkat “Alangkah baiknya apabila ada program pemberdayaan masyarakat di salah satu kabupaten atau kota yang sudah berhasil dapat diadopsi untuk diimplementasikan di kabupaten/kota lainnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Benny mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Kominfo RI yang memberikan dukungan melalui pembentukan Pandu digital Jawa Timur kami berharap hubungan ini dapat terus berlanjut sehingga akan semakin banyak Pandu digital di Jawa Timur yang siap untuk melakukan pendampingan peningkatan literasi digital masyarakat. (cz/Dea)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed