oleh

Durai, Secuil Surga di Perbatasan Nusantara

citizen.co.id Travelling – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Selain itu, Indonesia juga kaya akan wisata budaya, kesenian, satwa liar hingga tempat-tempat unik yang menakjubkan.

Tempat-tempat menakjubkan tersebut seolah-olah seperti “surga” dan mungkin juga bisa membuatmu memiliki dunia sendiri. Dan salah satu “surga” tersebut berada di Kepulauan Anambas.


Kepulauan yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau ini menyimpan beragam destinasi wisata yang bakal bikin kamu takjub hingga melongo. Sampai-sampai wisata Kepulauan Anambas kerap mendapat julukan, surga kecil di perbatasan Indonesia.

Hati-hati! 10 Tanda Terjebak Dalam Toxic Relationship, Pahami Batasannya

Pakar Keuangan Sarankan Punya 6 Rekening Bank, Untuk Apa Saja

Kepulauan ini seakan seperti menyimpan sihir, menarik siapapun untuk segera bertandang ke sana. Salah satu pulau cantik di Anambas adalah Pulau Durai dengan hamparan pasir “saljunya”.


Pulau Durai

Semua pulau di Anambas memiliki pantai yang notabene berpasir putih dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Pulau Durai.

Seperti julukannya, pulau ini memiliki atmosfer yang tenang dan menentramkan seolah mengajak kita berada di dunia lain. Bagaimana tidak, suasana yang sepi, nyaman dan dikepung hamparan laut biru yang jernih dengan pohon kelapa menjulang tinggi berbaris rapi serta pasir putih bersih yang membentang di seluruh pulau. Seakan menghipnotis kita dengan buaian cantiknya.

Pulau eksotis ini merupakan salah satu dari 7 pulau terluar di Anambas yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura sehingga menjadi beranda paling depan di Nusantara ini.


Secara Administratif, Pulau Durai masuk dalam Kecamatan Palmatak, Desa Mubur. Berada di sebelah Barat Laut Kota Tarempa, dengan luas pulau sekitar 91,52 hektar atau 0,92 Km2. Secara geografis terletak pada koordinat 03∞ 20’ 00”LU dan 106∞ 02’ 52” BT.

Menuju Pulau Durai

Untuk menjamah pulau cantik ini, paling tidak harus menempuh perjalanan selama 1 atau 2 jam dari Kota Tarempa dengan jarak 14,2 mil laut atau sekitar 22,9 km.


Tidak hanya itu, setelah terombang-ambing di laut perairan Anambas, kamu harus menaiki sampan kecil lagi untuk sampai di Pulau Durai karena di sana tidak terdapat dermaga untuk berlabuh.

Memang dibutuhkan effort lebih untuk menikmati pulau eksotis ini, namun semuanya akan terbayar tuntas. Seperti kata pepatah, butuh perjuangan untuk sampai nirwana.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed