Inilah 4 Kelebihan dan Perbedaan Vivo Y20s dan Y20s G

Citizen News Jakarta – Di bulan Februari 2021 lalu, brand Vivo kembali meluncurkan produk terbaru dari seri Vivo Y20, yaitu Vivo Y20s G. Sebuah produk yang masuk pada kelas menengah dan membuat terkejut para pecinta gadget tanah air. Sebab Vivo baru saja meluncurkan Vivo Y20s pada Oktober 2020.


Tak banyak perbedaan antara Vivo Y20s dan Vivo Y20s G. Sama-sama menggunakan kamera konfigurasi resolusi 13 MP + 2 MP + 2 MP untuk kamera belakang serta resolusi 8 MP di kamera selfienya. Tipe layarnya juga masih menggunakan IPS LCD, dengan dimensi bodi yang 164.4 x 76.3 x 8.4 mm, serta berat 192.3 g. Kapasitas baterainya juga sama-sama sebesar 5.000 mAh.

Diskominfo Jatim Gelar Forum Komunikasi Pegiat TIK

Pilih Pucuk Pimpinan, DPP PERADAH Indonesia Gelar Lokasabha XI

Penampakannya juga tidak jauh berbeda. Mengusung teknologi kamera yang diletakkan pada notch dan penempatan sensor sidik jarinya di bagian bodi samping. Akan tetapi karena nama modelnya saja berbeda, sudah pasti ada perbedaan dari segi software maupun hardwarenya. Yuk ketahui perbedaan keduanya!


1. Berbeda Kuat Disimilaritas Chipset

Yang menjadi pembeda bisa dilihat dari namanya. Ya, ada penambahan abjad “G” di akhir nama Vivo Y20S. Nah perbedaan yang kentara dari Vivo Y20s dan vivo Y20s G ini ternyata ada pada sisi performanya. Baik dari chipset, prosesor, serta unit pemrosesan grafis yang ada di dalamnya.

Vivo Y20s menggunakan dapur pacu SoC (System on a Chip) Snapdragon 460 SM 4250 besutan pabrikan prosesor Qualcomm. Chipsetnya ini berfabrikasi 11 nanometer. Ada CPU Octa-core dengan 4 inti Kryo 240 Gold yang clock speednya 1,8 GHz serta 4 inti Kyro 240 Silver yang berfrekuensi 1,6 GHz.

Ada pun Vivo Y20s G menyematkan chipset MediaTek Helio G80. Ada CPU Octa-core dual-core ARM Cortex-A75 yang berfrekuensi 2GHz serta hexa-core ARM Cortex-A55 yang berclock speed 1,8 GHz.


Di sisi unit pemrosesan grafis, keduanya sangat berbeda. Vivo Y20s menggunakan GPU Adreno 610 untuk pengolah grafis. Nah Vivo Y20s G menyematkan GPU Mali-G52 2 EMC2.

Vivo mengklaim, GPU yang ada di Vivo Y20s G itu lebih kuat 98%. Hal in berefek pada kualitas gambarnya yang jadi lebih bagus. Kinerjanya juga jadi lebih dinamis jika dibandingkan dengan Vivo Y20s. So, Vivo Y20s G akan lebih baik di dalam melakukan berbagai aktivitas, bahkan untuk main game.

2. Ukuran RAM dan ROM yang Renggang

Jika diperhatikan, hp zaman sekarang banyak yang menawarkan variasi RAM dan ROM. Tak terkecuali dengan Vivo Y20s. Hp ini memberikan pilihan RAM 4 GB, 6 GB, bahkan sampai 8 GB. Sementara ROM-nya memiliki kapasitas 128 GB.


Ada pun Vivo Y20s G, dia hanya menawarkan RAM 4 GB saja dengan ROM yang 128 GB. Ya,  RAM Vivo Y20s G memang kecil, namun masih cukup untuk menyimpan data dan berkas yang banyak.

Untuk keduanya, jika dirasa masih kurang, bisa ditambahkan memori eksternal. Kapasitasnya bahkan bisa mencapai 256 GB. Ada slot 3 kartu yang disediakan. Nah Vivo Y20s G pun demikian. Bahkan kapasitas memori eksternalnya bisa ditambahkan hingga 1 TB.

3. Android 10 vs Android 11

Munculnya kedua hp ini memang hampir berbarengan. Akan tetapi sistem operasi keduanya itu berbeda. Vivo Y20s menggunakan Android 10 dengan interface Funtouch OS 10. Adapun Vivo Y20s G lebih upgrade, yakni menggunakan Android 11 dengan interface Funtouch OS 11.


Sebuah peningkatan yang cukup signifikan dimana pada Android 10 saja sudah dilengkapi berbagai fitur menarik, seperti Live Caption, kemudian Dark Mode, lalu Focus Mode, lalu Smart Reply,dan lain-lain. Tapi dengan Android 11, semua tentu menjadi lebih bagus lagi. Ada Dark Themes, ada New Emoji, ada Media Control, ada Screen Recorder, ada Long Screenshot, ada App Permission, ada Priority Notification, ada Collect Notification, dan masih banyak lagi.

Di Funtouch OS 10, ada yang namanya fitur dynamic Effects. Sebuah fitur yang mampu mengatur pilihan animasi layar sebagai pembuka kunci hp. Nah di Funtouch OS 11, itu ada AI Editor. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video yang bisa dibagikan di berbagai media sosial. Algoritma kecerdasan buatan ini bahkan bisa mengenali wajah atau pemandangan di rekaman video. Dan lalu semua digabungkan dalam reel baru di template vlog.


4. Harganya Tidak Jauh Berbeda

Kedua adik-kakak ini tersedia dalam 2 varian warna. Yakni Purist Blue serta Obsidian Black. Kedua desainnya cukup selaras, modern, serta minimalis. Keduanya juga mengadopsi teknologi poni layar yang bernama Ultra All Screen.

Vivo Y20s dibanderol dengan harga Rp3,1 juta, untuk yang 8/128 GB dan Rp2,5 juta untuk yang 4/128 GB. Adapun Vivo Y20s G harganya sekitar Rp2,6 dengan RAM dan ROM 4/128 GB.


Itu lah pembahasan mengenai perbedaan Vivo Y20s dan Vivo Y20S s yang bisa membantu Anda memutuskan akan beli model yang mana. Anda bisa membeli hp vivo tersebut dengan mudah melalui website Blibli.com. Ada banyak promo menarik juga lho! Beli hp pun jauh lebih hemat.(cz/bel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*