oleh

Libur Panjang Wisatawan di Pantai Gunungkidul Susah Patuhi Prokes

citizen news Travellig – Gununngkidul – Sepanjang libur Paskah tercatat ratusan wisatawan di kawasan pantai Gunungkidul melanggar protokol kesehatan, khususnya terkait penggunaan masker.

Sejumlah pantai di Gunungkidul menjadi jujugan wisatawan lokal saat libur Paskah akhir pekan lalu. Pengunjungnya menembus puluhan ribu orang.


Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan selama libur panjang itu banyak ditemukan wisatawan yang melanggar prokes, khususnya saat hari Sabtu dan Minggu. Pelanggaran itu ditemukan dari kawasan Pok Tunggal sampai Bukit Paralayang.

“Hari Sabtu-Minggu (saat libur panjang) rata-rata ada 100 sampai 150 orang yang tidak pakai masker saat berwisata di kawasan Pok Tunggal sampai Bukit Paralayang,” katanya saat dihubungi wartawan, Senin (5/4/2021).

Pemerintah Tetap Jalankan Vaksinasi COVID-19 di Bulan Ramadan

Serasa di Bali Pantai Watu Ulo Jember Enggak Kalah Indah dari Kuta dan Jimbaran

Surisdiyanto menyebut telah mencatat identitas wisatawan yang melanggar prokes. Dia mengimbau agar wisatawan mengenakan masker selama berwisata di kawasan pantai.


“Mereka diingatkan agar mereka menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak boleh berkerumun,” kata dia.

Pantai di Gunungkidul Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Harry Sukmono menyebut jika selama libur panjang ini tercatat puluhan ribu wisatawan berkunjung ke Gunungkidul. Menurutnya, puncak liburan terjadi kemarin Minggu (4/3/2021).

“Sejak hari Jumat (2/4/2021) kunjungan mencapai 9.479 orang, terus hari Sabtu (3/4/2021) 14.373 orang, dan Minggu (4/4/2021) sampai pukul 16.00 WIB itu mencapai 19.242 orang,” kata Harry.


Harry bilang bahwa tempat wisata pantai masih menjadi primadona wisatawan seperti pantai Baron dan Pulang Sawal atau Indrayanti. Lonjakan jumlah wisatawan itu sudah diprediksi. Dispar Gunungkidul menambah personel untuk pengamanan dan pengawasan.

“Selama libur Paskah ada tambahan 400 personel untuk pengamanan libur panjang dan untuk pengawasan (protokol kesehatan) dari SAR Satlinmas,” ujarnya.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed