oleh

Pakar Keuangan Sarankan Punya 6 Rekening Bank, Untuk Apa Saja

Citizen.co.id Lifestyle – Jakarta – Mengatur keuangan menjadi salah satu hal yang diperhatikan setelah pandemi menyerang. Banyak orang baru sadar pentingnya mengelola finansial dengan ‘rapi’ dan rutin menyisihkan dana darurat setelah tiba-tiba kehilangan penghasilan.

Seorang pakar keuangan yang pernah masuk Forbes 30 under 30 pun memberikan sarannya. Agar lebih mudah menabung dan merencanakan tujuan finansial, ia menganjurkan untuk punya enam akun terpisah.


Adalah Victoria Devine, penasehat keuangan terkenal asal Australia yang sering memberi masukan tentang masalah keuangan anak-anak muda.

Microsoft Resmi Rilis Windows 11, Ini Dia Pembaruannya

Makna Setiap Warna Dan Bentuk Emoji Hati Ternyata Beda – Beda

Menurutnya, penting untuk mereka memisahkan tabungan agar mudah mengetahui apakah rencana finansial kamu berjalan dengan benar.


“Sangat pribadi memang terkait jumlah rekening bank tapi secara pribadi aku selalu menyarankan klien punya paling tidak enam jadi mereka bisa memantau budget dan cashflow,” ujarnya.

“Dua yang paling penting adalah untuk rekening utama jadi kamu tidak sembarangan menghabiskan semuanya yang ada di rekening dan rekening dana darurat jadi kamu tidak tergoda untuk mengambilnya,” kata Victoria.


1. Rekening Utama
Sediakan satu rekening khusus untuk menjadi pusat dari penghasilanmu, terutama untuk kamu yang punya beberapa sumber.

Rekening itu seharusnya menjadi tempat berkumpulnya gaji sesaat setelah diterima. Disarankan agar rekening itu tidak punya kartu debit sehingga kamu tidak tergoda untuk memakainya sembarangan. Namun atur agar rekening itu secara otomatis mentransfer atau bisa mengambil uang ke rekening lain yang digunakan untuk membayar berbagai keperluan.


2. Makanan dan Senang-senang
Menurut Victoria, rekening kedua yang perlu dipunya adalah khusus keperluan bulanan seperti makanan, bensin, berbagai tagihan, juga untuk senang-senang.

Jika sulit untuk mengira-ngira berapa uang yang dibutuhkan per bulan, kamu mentransfer uang setiap minggunya tentu dengan jumlah yang sudah ditentukan. Victoria sendiri melakukannya setiap hari Kamis.


3. Dana Darurat
Yang tak kalah penting adalah rekening khusus dana darurat. Hal ini sudah banyak disarankan oleh penasehat keuangan tapi tak banyak orang melakukan.

Padahal tabungan ini bisa sangat dibutuhkan untuk waktu-waktu darurat seperti diberhentikan dari pekerjaan atau keperluan besar mendadak lain. Dianjurkan agar kamu punya paling tidak jumlahnya cukup untuk bertahan hidup selama tiga bulan tanpa gaji.


4. Tabungan Jangka Pendek
Disarankan pula agar kamu punya tabungan jangka pendek. Rekening ini dimaksudkan untuk menampung tujuan-tujuan finansial dalam waktu dekat, misalnya liburan, hadiah ulang tahun, gadget atau keperluan cukup besar lain. “Akun ini sebaiknya tidak berbiaya dan tinggi bunga,” ujar Victoria dilansir Dailymail.


5. Tabungan Jangka Panjang
Sedangkan tabungan jangka panjang dimaksudkan untuk sesuatu yang lebih besar dan akan dipakai di masa depan. Misalnya untuk pernikahan, membeli rumah, pendidikan anak, dan lain-lain.

6. Tabungan Darurat Kedua
Akun rekening lain yang perlu dibuka adalah untuk tabungan darurat kedua. Victoria menggunakan rekening itu untuk hal-hal mendadak tapi kamu tidak bisa ketinggalan, misalnya hadiah pernikahan teman atau saudara, konser, perbaikan rumah, dan lain-lain.


Jumlahnya sendiri tidak disebutkan tapi bisa disesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan.(cz/bel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed